Rumah Indah di Sleman Ini Terbuat dari Kotoran Sapi

Unik dan mencuri perhatian, ungkapan itu tak berlebihan jikalau ditujukan kepada arsitektur bangunan rumah milik perempuan bernama Iswanti, yang berada di Taman Pabrik, Desa Taman martani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman. Salah satu material bangunan rupanya berasal dari kotoran sapi!

Bukan tanpa alasan Iswanti memilih kotoran sapi atau tletong sebagai material bangunan rumahnya itu. Iswanti mengaku rumah yang ia bangun mengusung konsep earthbag house dengan teknik rancang bangun superadobe bag.
“Aku gunakan kotoran sapi yang telah dihilangkan gasnya, dinonaktifkan bakterinya. Dapat sebagai lem pilihan substitusi semen, sebab rumah ini mayoritas memanfaatkan material organik dan barang-barang bekas,” kata Iswanti dikala dijumpai detikcom di rumahnya, belum lama ini.

  • Baca Juga : http://sd.co.id/id/produk-kategori/shunda-roofing/65

    Rumah Iswanti terdiri dari dua bangunan berbentuk dome. Kotoran sapi ia gunakan untuk lem dinding. Sebab berkonsep earthbag house, material dinding menerapkan tanah yang dimasukkan dalam karung polypropylene. Karung dibereskan dan dibentuk melingkar tanpa lem semen.

    “Antara lapisan karung diberi kawat duri, kawat duri ini aku bisa dari bongkaran bangunan di wilayah Maguwoharjo. Lalu sesudah dibentuk berbentuk dome, lapisan dinding dalam rumah diberi kotoran sapi itu untuk lem, dicampur kapur dan jerami,” jelasnya.

    Dua bangunan dome milik Iswanti masing-masing berdiameter dalam sekitar 7,5 meter dengan tinggi bangunan sekitar 8 meter. Meskipun komponen atap berbentuk kerucut menerapkan bahan dari bambu, triplek, dan batang tebu.
    Rumah dari kotoran sapi di Sleman. Rumah dari kotoran sapi di Sleman.

    Kecuali berfungsi sebagai lem, Iswanti menyebut material tanah dan kotoran sapi pada dinding juga dapat stabilkan temperatur udara di dalam bangunan. Dikala siang hari, temperatur dalam rumah cukup teduh. Dan dikala malam hari, temperatur dalam rumah tak terlalu dingin.

Baca Juga Info Ini : http://sd.co.id/id/produk-kategori/shunda-flooring/61

Tidak cuma itu, sebagian komponen bangunan juga menerapkan botol bekas untuk ventilasi sinar dan kayu untuk konstruksi jendela, pintu, dan lantai. Sementara itu di lapisan dinding komponen luar, diberikan semen tipis supaya air hujan tak menyerap masuk ke dalam.

Rumah dari kotoran sapi di Sleman. Rumah dari kotoran sapi di Sleman. Foto:
“Sebab dikala aku bangun rumah ini bukan mendatangi warung material bangunan, melainkan datang ke peternak sapi, ke warung loak, tukang rongsok,” sambungnya.

 

Sumber Terkait : sd.co.id